Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Posted by

Solusi bahan bakar berkualitas ramah lingkungan – Saat ini sangat mengejutkan ternyata pengkonsumsi minyak tanah kisaran 12 juta KiloLiter (KL) dalam setiap tahun saat era konservasi belum dicapai. Saat asumsi harga minyak belum berubah subsidi menanjak sehingga Rp 25 triliun. Dari sekian banyak pengguna Minyak Tanah taernyata hanya sekitar 10% golongan sangat tidak mampu, 10% golongan tidak mampu, 50% golongan menengah sedangkan sisanya 20% merupakan pengguna golongan yang cukup mapan.

Dari hasil gambaran tersebut, ternyata sebagian besar masyarakat menengah  dan mapan yang memanfaatkan minyaktanah bersubsidi  dari pemerintah tersebut dengan bermacam alasan. Hal ini sangat riskan karena ternyata pemberlakuan bantuan Minyak Tanah tidak sebenarnya sesuai sasarannya.  Sehingga program pengalihan yang diikuti dengan mengurangi volume Minyak Tanah yang bersubsidi dimaksudkan untuk memperbaharui distribusi agar sasaran lebih sesuai.

Penghematan yang telah berhasil dicapai sebesar Rp 19,34 Triliun saat progaram ini mulai dilaksanakan pada th 2007 hingga dipenghujung tahun 2010 telah berhasil membagikan paket awal sebesar 44.675.000 ke seluruh penjuru wilayah Indonesia dan lebih dari 100% dari target sebenarnya. Perlu diperhatikan juga sebanyak 3.793.000 Metrik Ton (MT) LPG telah dikonsumsi masyarakat sasaran. Sedang Minyak Tanah yang ditarik mencapai 11.317.000 KL.

Pertumbuhan industri untuk menunjang pengalihan Minyak Tanah ke LPG ini telah menyerap hampir sekitar 100ribu pekerja langsung. Diperkirakan bahw jumlah pekerja tidak langsung yang diserap lebih banyak lagi karena berkembangnya industri saat ini. Belum lagi, nilai investasi secara langsung yang ditanamkan untuk pembangunan industri ini mencapai besaran kisaran Rp 3 Triliun. Jika diperhatikan dengan mempertimbangkan investasi tidak langsung nilainya akan lebih besar lagi.

Bahkan saat ini, tersebar pertamini yang merupakan toko kelontong maupun pedagang eceran khusus LPG 3 Kg di jalur paling ujung sebelum konsumen juga berkembang usaha penjualan LPG 3 Kg eceran tersebut. Hal ini dilakukan oleh para pedagang pertamini atau pedagang keliling yang sebelumnya mereka menjual Minyak Tanah sekarang menjual pertalite. Walabagaimanapun, kegiatan pertamini ini telah menjadi nilai tambah ekonomi pada rantai pegiriman LPG 3 Kg dan pertalite sebagai pengganti banhan bakar pertamax yang dianggap terlalu mahal dan premium yang sudah ditarik susbsidinya.

Artikel ini bukan untuk kontes seo pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang sedang berlangsung. Tetapi hanya untuk melakukan review belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *